Yang Perlu Dipastikan Saat Memilih Asuransi Perjalanan Bagi Para Traveller

Yang Perlu Dipastikan Saat Memilih Asuransi Perjalanan Bagi Para Traveller

Anda mungkin pernah mendengar pengalaman buruk orang lain mengenai kehilangan bagasi, keterlambatan penerbangan, dan kecelakaan selama berada di luar negeri. Atau bahkan Anda mungkin juga pernah mengalaminya sendiri.

Untuk menghilangkan kekhawatiran, Anda dapat membeli asuransi bagi setiap perjalanan atau membeli asuransi perjalanan tahunan untuk beberapa perjalanan sekaligus. Hal ini adalah langkah yang bagus, namun apakah Anda yakin polis asuransi perjalanan Anda memiliki perlindungan yang tepat untuk segala situasi? Jika masih ragu menentukannya, jangan cemas. Berikut ini adalah panduan mengenai apa saja yang harus Anda teliti sebelum membeli asuransi perjalanan Anda selanjutnya

Pertama, Pelajari Rincian Polis

Akui saja, sebagian besar dari kita mengabaikan rincian polis asuransi perjalanan, terutama saat satu hari menjelang perjalanan ke luar negeri. Menurut pendiri TravelInsuranceReview.net, Damian Tysdal, “Asuransi perjalanan merupakan  polis named peril yang menyebutkan jaminannya secara spesifik”. Kuncinya adalah menelaah rincian polis dan meluangkan waktu untuk membacanya akan sangat bermanfaat bagi Anda. Mengapa? Karena jika suatu peristiwa atau masalah tidak dinyatakan di dalam polis, jangan harap Anda akan mendapatkan jaminan apabila hal itu terjadi.

Sebagai contoh, jika asuransi memberikan jaminan jika Anda sakit sebelum perjalanan dan batal berangkat, hal ini tidak berarti Anda juga dijamin apabila jatuh sakit selama perjalanan. Karena hal tersebut merupakan jaminan yang berbeda dan walaupun perusahaan asuransi mungkin menawarkan paket untuk mempermudah orang yang bepergian, tidak bisa dipastikan bahwa semua polis yang Anda beli akan mencakup keduanya.

Menyisihkan sedikit waktu untuk meneliti polis dapat membantu menghindarkan Anda dari rasa frustrasi selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari jika mengalami masalah selama di luar negeri.

Kedua, Apa Saja Yang Dijamin?

Tidak semua polis asuransi sama. Dari pilihan dasar hingga premium, Anda mungkin akan melihat beragam tingkat rencana asuransi perjalanan pada saat mempertimbangkan pembelian. Namun, apa sebenarnya perbedaan di antara rencana tersebut, selain harga dan nama perusahaan yang bagus?

Berikut ini beberapa jenis jaminan yang termasuk dalam rencana asuransi perjalanan:

  • Asuransi Pembatalan dan Pemberhentian Perjalanan.

Inilah alasan utama yang melatarbelakangi sebagian besar orang membeli asuransi perjalanan, yaitu untuk mengganti kerugian biaya perjalanan yang tidak dapat dikembalikan jika perjalanan Anda dibatalkan atau tertunda cukup lama akibat penyakit, bencana alam, dan lain-lain. Jaminan di dalamnya berbeda-beda bergantung pada perusahaan asuransi, serta polis yang Anda beli secara khusus.

  • Jaminan Bagasi dan Barang-Barang Pribadi.

Sejak bagasi Anda masuk ke meja check-in di bandara asal hingga keluar melalui conveyor di bandara tujuan, kerusakan kecil maupun besar dapat terjadi lebih sering daripada yang Anda kira. Jika bagasi Anda dicuri atau rusak, asuransi perjalanan biasanya dapat mengganti kerugian hingga $500 untuk setiap bagasi yang hilang, dan antara $100 hingga $300 untuk keterlambatan bagasi. Pilihan asuransi perjalanan yang paling mendasar sekalipun akan memberikan jaminan atas masalah ini.

  • Asuransi Kecelakaan.
Another Lost Stories :  JKN Mematikan Swasta

Hal ini mungkin adalah alasan kedua yang membuat orang-orang bepergian dengan perlindungan asuransi perjalanan, yaitu jaminan jika terjadi kecelakaan. Alasan ini sama dengan mereka yang menggunakan asuransi kesehatan sehari-hari. Jangkauan jaminannya sering kali sangat beragam, jadi pastikan untuk menelaah rincian polis asuransi!

  • Asuransi Kematian Akibat Kecelakaan.

Asuransi jenis ini biasanya memberikan santunan dalam jumlah berbeda tergantung pada situasinya, contohnya jika Anda atau orang yang Anda sayangi meninggal dunia dalam perjalanan atau mengalami kecelakaan yang menyebabkan kecacatan, seperti kehilangan daya penglihatan, dan lain-lain. Jangkauan jaminannya sering kali sangat beragam dan juga mungkin serupa dengan rencana asuransi jiwa perorangan, bergantung pada perusahaan asuransi.

Secara umum, asuransi perjalanan bertujuan untuk melindungi Anda dari masalah yang tidak terduga selama perjalanan, seperti pembatalan penerbangan akibat cuaca buruk, atau kehilangan, keterlambatan, maupun pencurian bagasi.

Ketiga, Apa Saja Yang Tidak Dijamin?

Bagaimana menemukan asuransi perjalanan yang tampaknya sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda? Caranya adalah dengan mempertimbangkan terlebih dahulu keterbatasan polis asuransi perjalanan yang ingin Anda beli biasanya akan sangat bermanfaat. Apa yang tidak dijamin suatu rencana ditentukan oleh paket yang dibeli dari perusahaan asuransi, jadi meneliti sebelum membeli sangat bagus dilakukan.

Sebagai contoh, pembatalan perjalanan merupakan kekhawatiran utama bagi sebagian besar orang yang bepergian. Dengan demikian, sebagian besar asuransi perjalanan memberikan jaminan atas pembatalan dan pemberhentian perjalanan, namun alasan atas pembatalan ini sangat berpengaruh, karena tidak semuanya dijamin. Anda sebaiknya mempertimbangkan beberapa skenario yang mungkin Anda hadapi dan memastikan apakah polis tersebut dapat memberikan perlindungan yang memadai dalam kondisi tersebut.

Sama halnya, sebagian besar polis asuransi perjalanan akan memberikan daftar alasan penyebab pembatalan perjalanan yang dijamin. Jika alasan penyebab kejadian yang Anda alami tidak ada dalam daftar tersebut, berarti kondisi tersebut tidak dijamin.

Yang terakhir, semua pembatalan akibat masalah kesehatan harus diverifikasi dan didokumentasikan secara resmi oleh dokter. Hal ini berarti, Anda tidak bisa sekadar membatalkan perjalanan karena salah satu anggota keluarga yang jatuh sakit tanpa rekomendasi dan dokumentasi resmi dari dokter.

Keempat, Berapa Harganya?

Mahal tidak selalu berarti lebih baik. Untuk mencari tahu biaya yang seharusnya dibayarkan untuk membeli asuransi perjalanan, pertama-tama kita harus memahami terlebih dahulu biaya yang diperhitungkan dalam rencana tersebut.

Biasanya, perusahaan asuransi akan menggunakan beberapa data pribadi, selain biaya perjalanan Anda, untuk memperhitungkan harga rencana. Berikut ini beberapa faktor yang disertakan dalam perhitungannya.

  • Usia Orang yang Bepergian.

Usia orang yang bepergian dianggap sebagai faktor yang paling penting dari keempat faktor lainnya. Umumnya, orang yang berusia di atas 65 tahun harus mengeluarkan biaya lebih besar. Jika bepergian dengan remaja atau anak-anak, Anda mungkin bisa memasukkan mereka ke dalam rencana tanpa tambahan biaya, atau dengan biaya yang lebih murah. Hal ini sangat tergantung dengan perusahaan asuransi perjalanan dan rincian yang tercantum di dalam polis.

  • Jumlah Orang yang Bepergian dan Durasi Perjalanan.
Another Lost Stories :  Review : Booking Hotel Via OTA Untuk Traveller

Jumlah orang yang bepergian dan durasi perjalanan bisa mempengaruhi harga rencana. Hal ini disebabkan oleh bertambahnya variabel akan memperbesar risiko yang dijamin di dalam rencana. Misalnya, dibandingkan bepergian selama satu hari saja, bepergian ke luar negeri selama tiga hari kerja memiliki kemungkinan risiko medis dan gangguan perjalanan akan lebih besar. Dengan demikian, keduanya bisa menjadi alasan bagus bagi Anda menggunakan rencana asuransi. Hal yang sama berlaku jika Anda bepergian bersama empat hingga lima orang, dibandingkan bersama dua orang saja.

  • Jenis Jaminan.

Jenis jaminan yang Anda pilih juga akan mempengaruhi harga polis asuransi. Plan dasar menyeluruh tanpa manfaat tambahan umumnya lebih murah dibandingkan rencana yang menawarkan beragam manfaat tambahan, seperti jaminan Pembatalan atas alasan apa pun, atau kecelakaan kendaraan sewaan. Sama halnya, rencana dengan jaminan maksimal yang lebih besar untuk biaya kesehatan atau evakuasi juga biasanya akan lebih mahal.

Kelima, Apa Kesalahan Terbesar saat Memilih Polis Asuransi?

Salah satu kesalahan yang paling lazim dan paling besar saat memilih polis asuransi adalah tidak membaca dokumennya secara saksama. Anda mungkin sering melihat teman-teman membeli asuransi perjalanan yang sama setiap kali bepergian tanpa mempertimbangkan risiko berbeda dalam perjalanan tersebut. Selain itu, tidak membaca dokumen polis berpotensi menyebabkan masalah dalam pengajuan klaim di kemudian hari. Memahami daftar manfaat asuransi sangatlah penting karena memberikan informasi mengenai syarat dan ketentuan jaminan, besaran jaminan maksimal, dan prosedur pengajuan klaim, serta nomor telepon yang dapat dihubungi dalam kondisi darurat.

Hal penting lain yang sering diabaikan oleh orang yang bepergian adalah kebutuhan jaminan ekstra dalam perjalanan yang menantang bahaya. Liburan penuh petualangan saat ini semakin populer dengan para pelancong yang ingin mencoba bungee jump untuk pertama kalinya. Hanya saja, aktivitas ini turut disertai dengan kemungkinan kecelakaan yang lebih besar. Dengan demikian, memilih rencana dengan jaminan kecelakaan yang memadai sangatlah tepat selama bepergian ke luar negeri, terutama jika Anda berencana mencoba aktivitas olahraga yang terbilang ekstrem (jaminan bergantung pada perusahaan asuransi).

Keenam, Apakah Asuransi Perjalanan Patut Dibeli?

Ada dua penentunya: asuransi perjalanan patut dibeli saat bepergian ke luar negeri sementara asuransi kesehatan Anda tidak menjamin kondisi darurat di luar negeri, atau di saat sebagian besar biaya perjalanan Anda tidak dapat dikembalikan. Selain itu, biaya asuransi perjalanan pun hanya sekitar 5% dari total biaya perjalanan Anda secara keseluruhan, namun sudah dapat memberikan ketenangan hati dan perlindungan terhadap dampak masalah yang tidak terduga. 

Singkatnya, inilah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih polis asuransi:

Another Lost Stories :  Download: Buku Desa 4 "Kader Desa"

Apakah asuransi perjalananmu memberikan cakupan dasar?

Asuransi perjalanan dasar sebaiknya mencakup: pembatalan perjalanan, penundaan penerbangan, kehilangan bagasi, perawatan kesehatan darurat, dan bantuan hotline 24/7. Saat membeli asuransi, pastikan kamu membaca catatan kecilnya dan tanyakan mana yang termasuk DAN tidak termasuk pada ahli asuransi. Misalnya, asuransi mungkin mencakup “pembatalan perjalanan” dan akan me-refund pemesanan tiket. Tapi, apakah juga mencakup pembatalan reservasi hotel untuk bulan madumu? Cakupan lebih luas berarti premi asuransi yang lebih besar, meskipun tidak selalu. Beberapa penyedia asuransi memberikan cakupan lebih luas tanpa menaikkan harga.

Apakah asuransimu menyediakan cakupan asuransi perjalanan lengkap?

Asuransi perjalanan yang lengkap memiliki premi lebih besar, sehingga memiliki lebih banyak fitur. Ingatlah selalu bahwa lebih banyak belum tentu lebih baik. Kamu membutuhkan cakupan asuransi yang luas dalam kasus-kasus khusus, misalnya memiliki kondisi medis yang bisa kambuh saat perjalanan atau jadwal perjalananmu melibatkan aktivitas olahraga ekstrem.

Apakah asuransi perjalananmu menyediakan pilihan?

Banyak perusahaan asuransi sekarang menyediakan asuransi sekali jalan hingga tahunan untuk traveler yang sering bepergian. Asuransi sekali jalan mencakup perjalanan dari 1 hari hingga 180 hari, bergantung pada polis asuransi. Kalau kamu adalah pebisnis dan sering bepergian domestik dan internasional, kamu sebaiknya membeli asuransi tahunan. Lebih murah untuk jangka panjang.

Alternatif lainnya adalah saat bepergian dengan keluargamu. Sebagian besar manfaat asuransi tetap sama, tapi hanya berbeda premi atau jumlah yang harus dibayarkan untuk polis. Rencana asuransi perjalanan keluarga sudah mencakup pasangan sah dan anak-anakmu.

Apakah asuransi perjalananmu melindungi barang berhargamu?

Kadang, kamu tidak bisa membawa pulang barang antik, lukisan, atau gadget dari perjalanan. Kalau kamu kehilangan barang yang sangat berharga, memiliki asuransi mungkin adalah penyelamat terbaikmu.

Bagaimana kalau kamu dalam perjalanan bisnis dan menabrak seseorang, terpeleset bersama laptopmu? Apakah laptopmu rusak? Asuransi perjalanan yang bagus bisa menanganinya.

Apakah asuransi perjalananmu mencakup cedera olahraga?

Bagaimana kalau kamu berpetualang di negeri asing dan melakukan trekking, mendaki, menyelam, dan aktivitas olahraga lain yang bisa menyebabkan cedera, luka, bahkan kematian? Kalau begitu, kamu bisa mencari cakupan asuransi perjalanan yang meliputi kemitraan dengan spesialis atau rumah sakit di tempat tujuanmu.

Semoga bermanfaat ..

*disarikan dari berbagai sumberSaveSave

 



Please Leave Your Appreciation