Ternyata Usia Harapan Hidup Orang Indonesia Naik, Beban Penyakit Tidak Menular Meningkat

Ternyata Usia Harapan Hidup Orang Indonesia Naik, Beban Penyakit Tidak Menular Meningkat

Dalam sebuah riset kesehatan yang hasilnya dilansir pada bulan Juni 2018 lalu dan dipublikasikan di jurnal kesehatan independen internasional, The Lancet, menunjukkan ada kemajuan besar bidang kesehatan karena membaiknya layanan dan akses kesehatan masyarakat, tapi ada juga temuan yang mengkhawatirkan di masa depan.

Temuan yang penting, umur harapan hidup pada waktu lahir di Indonesia meningkat 8 tahun, dari 63,6 tahun pada 1990 menjadi 71,7 tahun pada 2016. Usia harapan hidup perempuan pada waktu lahir lebih lama dibanding laki-laki. Kabar positif lainnya, beban penyakit menular seperti tuberkulosis dan diare juga menurun.

Tapi, kabar buruknya, kini Indonesia juga menghadapi beban penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, kanker, dan penyakit lain yang sebenarnya bisa dicegah. Ini jenis penyakit yang disebabkan oleh, antara lain, pola konsumsi, gaya hidup, dan kebiasaan merokok. Penyakit-penyakit ini membutuhkan biaya besar untuk menyembuhkannya. Kini biaya penyakit terkait rokok menjebol anggaran BPJS Kesehatan.

https://bisnis.tempo.co/read/839929/gara-gara-rokok-klaim-bpjs-kesehatan-membengkak

 

 



Please Leave Your Appreciation