Free Download : Template Rencana Marketing (Excel)

Jika kata “perencanaan” memunculkan gambaran yang rumit, maka menggunakan template rencana pemasaran yang sederhana mungkin akan terasa melegakan. Perencanaan harus membuat proses menjadi lebih mudah dan tidak lebih rumit

Yang paling mendasar, perencanaannya adalah tentang menetapkan tujuan dan mengidentifikasi langkah-langkah untuk mencapainya. Apakah kita merencanakan bisnis baru, kampanye pemasaran, atau event apapun.

 

Apa Yang Termasuk Dalam Rencana Marketing

Tujuan mendasar dari rencana pemasaran adalah untuk meningkatkan keberhasilan bisnis atau organisasi. Jika dilakukan dengan baik, rencana pemasaran dapat memberi wawasan tentang bisnis, menentukan tujuan dan strategi dan membantu memastikan bahwa kita menyediakan layanan atau produk yang efektif kepada pelanggan. Seperti apa rencana pemasaran akan tergantung pada ukuran dan jenis bisnis, namun usaha kecil pun dapat mendapatkan keuntungan dari perencanaan yang matang.

Garis besar rencana pemasaran yang khas akan mencakup ringkasan eksekutif atau ikhtisar rencana, deskripsi target pelanggan dan kebutuhan mereka, tujuan pemasaran yang jelas, strategi pemasaran – termasuk produk, harga, distribusi dan promosi, rencana tindakan, dan anggaran proyeksi. Rencana pemasaran mungkin juga mencakup analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam bisnis Anda serta peluang dan ancaman eksternal. Termasuk metode evaluasi dalam rencana akan membantu dalam memantau keberhasilannya dan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai laba atas investasi.

Another Lost Stories :  Mengenal Jenis Standar ISO

Tidak masalah elemen apa yang akan disertakan dalam rencana, menggunakan template dapat menghemat waktu, menyediakan organisasi, dan meningkatkan komunikasi di dalam tim pemasaran atau antar departemen

 

 



Please Leave Your Appreciation