Storytelling, Strategi Marketing Terkini

Saat ini kita berada pada masa di mana semua orang menjadi netizen ~ interNet citiZen, berkat kemajuan fasilitas telekomunikasi yang semakin dahsyat dan semakin murah.

Saat ini siapa saja dapat menjadi teman kita, tidak peduli dia itu office boy, manager atau direktur, bahkan  persiden direktur atau business owner sekalipun!

Secara fisik , kita hidup di sebuah negara, tetapi kita mampu melakukan kontak dengan siapapun melalui jejaring global komputer dunia. Seakan-akan kita tinggal bertetangga dengan setiap netizen lainnya di dunia. Separasi geografis telah usang, tergantikan oleh eksistensi bersama di dunia maya.

Kadang internet itu baik, tapi kadang pula buruk. Baiknya membuat segala mungkin. Buruknya, segala yang tidak baik juga menjadi mungkin, mulai dari penipuan kartu kredit, pembajakan hak cipta, pelanggaran privasi dan banyak lagi contohnya.

Internet juga menciptakan “demokratisasi”. Siapa saja dapat mengatakan apa saja dan sulit untuk disensor. Dalam suatu bisnis, semua orang dapat mengatakan apa saja tentang produk yang kita jual – baik atau buruk – tanpa dapat dicegah dan gampang menyebar kemana-mana.

Another Lost Stories :  Sekilas Fakta Tentang Canva

Demokratisasi ini menciptakan “horisontalisasi” – kita semua setara, satu level, berada dalam gelanggang percakapan yang sama. Artinya, sebagai pebisnis harus dapat menjangkau segala kalangan atas dan bawah, karena percakapan tentang produk kita dapat menyebar kemana-mana, bahkan diluar target market yang sebenarnya kita tuju. Target market kita adalah orang super kaya, tetapi si orang kaya tersebut ternyata banyak terpengaruh temannya yang mendapatkan kabar dari temannya yang lain orang biasa-biasa, bahwa produk kita buruk. Sekarang ini cerita yang dianggap kecil dari bawah, dapat mengguncang sebuah kerajaan.

Robert Mc Kee, seorang penulis naskah film terkenal dari Amerika mengatakan,

“untuk dapat menjalin hubungan perasaan yang sangat dalam dengan seseorang, kita membutuhkan cerita …”

 

 

Another Lost Stories :

 


Subscribe for FREE Monthly eDigest

* indicates required

Please Leave Your Comment ..