Review : W175, British Naked Retro Motorcycles Dari Kawasaki

Beberapa hari yang lalu di acara Kawasaki Bike Week (KWB) Jakarta, Kawasaki meluncurkan produk baru bernama W175 yang merupakan model motor sport klasik dan Kawasaki menyebut sebagai motor yang mengadopsi gaya British Naked Motorcycles.

Datangnya produk baru tersebut pun semakin menjadikan banyak pilihan bagi para pecinta roda dua khususnya produk Kawasaki di Indonesia. Dan dihadirkannya motor ini pun rupanya dengan alasan yang kuat. Seperti yang diketahui, saat ini kepopuleran motor bergaya retro memang sedang booming di Indonesia. Sehingga hal tersebut pun didasarkan dari beragam survei yang telah dilakukan oleh pihak Kawasaki Indonesia (katanya).

Spesifikasi yang dibawa oleh motor retro ini pun tidak bisa diremehkan. Pasalnya, motor baru seri W ini membawa mesin berkapasitas 177 cc, single piston dengan engine balancer. Dengan menggunakan mesin tersebut motor ini dapat menghasilkan tenaga hingga 13 PS @ 7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm @ 6.000 rpm. Meskipun memiliki tenaga yang cukup powerfull, motor Kawasaki ini diklaim tetap irit bahan bakar.

Kawasaki sendiri menawarkan motor ini dalam dua varian berbeda yakni varian standar dan varian Special Edition (SE) yang tersedia dalam warna New Silver, Mettalic Spark Black dan Mettalic Matte Covert Green. Perbedaan tipe SE dengan tipe standar terdapat pada desain jok, velg yang di-chrome, emblem keluarga “W” dan knee grip yang disematkan pada tipe SE menambah aura klasik serta pilihan warna yang lebih beragam. Hal itulah yang membuat varian SE dibanderol lebih mahal sehargar 30,8 juta rupiah, sementara itu untuk varian standarnya dijual dengan harga yang lebih murah yaitu seharga 29,8 juta rupiah.

http://product.kawasaki-motor.co.id/prdcdetail-123-w175-se.html

Another Lost Stories :  GoPro HERO5, Fitur Unggulan Untuk Traveller

Untuk mesin, menggunakan mesin Cruiser Eliminator 175 yang menganut SOHC 2 katup 175 cc yang dilengkapi dengan transmisi 5 speed, mampu memuntahkan tenaga sebesar 13 PS @ 7500 rpm torsi 13 Nm @ 6000 RPM. Kompresi mesin 9,1:1 dengan pengabut bahan bakar karburator mikuni VM24 dan bore stroke 65,5 x 52,4. Jadi ini motor “overstroke” dengan model klasik dan ditujukan untuk para penjelajah di segala kondisi medan.

Spesifikasi lainnya, kedua tipe W175 ini sama-sama menggunakan speedometer analog dengan fungsi odometer, trip-meter, indikator lampu jauh, sein serta posisi netral. Dimensi motor ini memiliki panjang total adalah 1.930 mm, jarak tapak kaki hingga jok dan stang sejauh 775 mm dan 1.030 mm. Motor dengan totoal berat 126 kg ini dilengkapi tanki bensi berkapasitas 13,5 liter dimana konsumsi bahan bakarnya mampu membukukan 30 Kpl sehingga di-klaim cukup irit. Motor ini memiliki lebar stang 765 mm dengan sudut belok 40 derajat.


SPESIFIKASI

FRAME
Suspensi Depan 30 mm telescopic fork
Suspensi Belakang Swingarm, dual shock absorbers with spring preload adjustability
Rem Depan Single 220 mm disc
Rem Belakang Drum, 110 mm
Ban Depan 80/100-17M/C 46P
Ban Belakang 100/90-17M/C 55P
Panjang x Lebar x Tinggi 1,930 x 765 x 1.030 mm
Jarak Poros Roda 1,275 mm
Jarak ke Tanah 165 mm
Berat 126 kg
Kapasitas Bensin 13.5 litres
ENGINE
Tipe 4-stroke, SOHC, 1 cyl, air-cooled
Maksimum Power 9.6 kW {13 PS} / 7,500 rpm
Torsi Maksimum 13.2 Nm {1.3 kgm} / 6,000 rpm
Diameter x Langkah 65.5 x 52.4 mm
Volume Silinder 177 cc
Sistem Bahan Bakar Carburettor Mikuni VM24
Sistem Pengapian DC-CDI
Perbandingan Kompresi 9.1:1
DRIVETRAIN
Jumlah Transmisi 5-speed, return
Primary Reduction Ratio 3.667 (77/21)
Final Reduction Ratio 2.333 (35/15)
Kopling Wet, multi-disc

 

Another Lost Stories :  Review : GoViral

Hmmm … sepertinya bakal laku keras dan pasti ada alasanya ..

  1. Di Indonesia, orang akan mudah tertarik pertama-tama dengan penampakan. Dan rasanya tidak akan ada yang tidak tertarik dengan penampakan Kawasaki W175 dengan British Naked Motorcycle style-nya.
  2. Orang indonesia setelah melihat model, sudah dapat dipastikan melihat harga. Dan memang harga yang ditawarkan relatif murah dan sangat wajar jika dibandingkan dengan motor berkubikasi 175 cc atau 150 cc.
  3. Barulah setelah yang dua poin diatas, melirik soal mesin. Menurut saya, Kawasaki W175 ini memiliki diferensiasi yang unik, motor retro + kubikasi 175 cc mesin eliminator. Dan jarang-jarang ada 175 cc.
  4. Saat ini Kawasaki sebagai pemain tunggal di Indonesia untuk pasar retro entry level
  5. Kawasaki memiliki motor role model untuk W175, yaitu Estrella 250, W800, dan Z900RS.
  6. Kawasaki W175 meskipun langsung siap digunakan tetapi dasarnya adalah motor mentah yang siap di-custom dan inilah penarik utama dengan bukti maraknya custom bergaya jap style, brat style dan scrambler selalu diminati di berbagai kalangan usia.
  7. Sebagai alternatif ketika motor besar retro made in Eropa seperti Triump Boneville, Motoguzzi, Ducati Scrambler, atau yang lainnya seperti misalnya Norton, mungkin masih dirasakan terlalu mahal, maka Kawasaki W175 hadir dengan harga yang terasa rasional, ramah, dan untuk siapa saja.
 
Another Lost Stories :  Video : SwellPro Splash Drone 3

 

Selesai sudah menulis review Kawasaki W175, semoga bermanfaat dan sekarang tinggal tunggu yaaaah … kalau gak dikasih motornya, minimal undangan riding test laaaaah … ngareeeep ..   😆 

 

SaveSave

SaveSaveSaveSave

 



Please Leave Your Appreciation