Perjuangan Panjang Republik Kopi

Secangkir kopi memiliki sejarah panjang. Aroma harum yang mengepul dari seduhan kopi, punya riwayat, perjalanan berliku hingga dinikmati di kafe-kafe di pelbagai belahan dunia. Menyesap secangkir kopi, saat ini menjadi gaya hidup dan sumber inspirasi di pagi hari. Bagaimana kondisi perkebunan dan kopi negeri ini?

Aroma kopi Nusantara mulai menyeruak di kafe-kafe Eropa dan Amerika. Kopi telah menjadi tren, bagian dari life style. Puncaknya, pada 14-17 April 2016 lalu, ketika kopi-kopi dari berbagai kawasan Indonesia mampu membawa daya tarik tersendiri. Laporan yang dilansir SCAA.org sebanyak 17 varian kopi Indonesia berhasil merebut perhatian dari penikmat kopi dunia.

Indonesia merajai Festival Kopi di Amerika Serikat pada April 2016 itu. Ajang yang digelar bertajuk Specialty Coffe Association of Amerika (SCAA) Expo 2016, di Atlanta, Georgia, meningkatkan peluang ekspor kopi Indonesia. Di festival ini, tampil 17 specialty coffe, di antaranya yang terkenal, Java Ijen Raung, Sumatra Lintong, Sumatra Solok Minang, Java Preanger, Java Estate, Sulawesi Toraja dan Papua Wamena. Kopi-kopi Nusantara bersanding dengan varian kopi dari berbagai negara, berbagai aroma.

 

*sumber : Times Indonesia

 

Another Lost Stories :

 


Subscribe for FREE Monthly eDigest

* indicates required

Please Leave Your Comment ..