Menyaksikan Asian Games 18 Di Kota Palembang, Jangan Lupa Wisata Kuliner

Menyaksikan Asian Games 18 Di Kota Palembang, Jangan Lupa Wisata Kuliner

Pesta olahraga bergengsi, Asian Games ke 18 yang akan bergulir mulai 18 Agustus 2018 di Indonesia. Sebagai tuan rumah, Indonesia menyediakan dua venue bagi gelaran prestisius di benua Asia ini, yaitu di Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.

Dikutip dari Kompas.com, pada Asian Games 2018 ini, Palembang yang memiliki beragam kuliner khas terkenal akan dikunjungi sekitar 11 ribu orang, termasuk atlet dan official dari negara-negara peserta. Sebanyak 40 cabang olahraga akan dipertandingkan pada Asian Games 2018 kali ini dan diikuti oleh 45 negara di Asia.

Selain pempek yang sudah begitu terkenal sebagai kuliner khas Palembang, ternyata Palembang punya beragam kuliner yang patut dicoba dan berikut daftar kuliner khas Palembang yang sangat layak dicicipi.

 

 

Gandus

Gandus atau talam ebi terbuat dari tepung beras dan santan. Perbedaannya dengan kue dalam pada umumnya adalah serbuk ebi yang terdapat di atasnya.

 

Lenggang

Lenggang terbuat dari potongan pempek, dicampur dengan telur yang dikocok. Adonan ini diletakkan di atas daun pisang yang dibuat seperti piring kotak dan dipanggang di atas bara api.

 

Laksan

Laksan hampir sama dengan tekwan, berbahan dasar ikan dan tepung sagu. Namun, laksan lebih tebal dan lebar. Selain itu, laksan juga dihidangkan dengan kuah santan kental bewarna kuning pekat.

Another Lost Stories :  7 Situs Dan Startup Travel Indonesia Terbaik 2017

 

Mie Celor

Mie celor merupakan hidangan mi berkuah santan dan kaldu ebi. Sementara isiannya berupa taoge, irisan telur rebus, seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

 

Nasi Minyak

Berasal dari Arab, nasi minyak atau nasi samin dihidangkan dengan berbagai lauk, mulai ikan, ayam, hingga kambing. Umumnya nasi minyak dapat disajikan bersama ayam goreng, malbi sapi, acar, sambal nanas, dan emping.

 

Pindang Patin

Karena kaya akan ikan, maka pindang patin jadi salah satu alternatif kuliner yang bisa disantap dengan nasi putih. Pindang patin ini punya rasa segar dan pedas serta dimasak dengan berbagai rempah, termasuk nanas dan cabe rawit.

 

Tekwan

Hidangan satu memiliki tekstur kenyal mirip dengan pempek. Bedanya, Tekwan dibentuk bulat kecil seperti bakso dan disajikan dengan kuah kaldu. Tekwan dibuat dengan bahan dasar daging ikan, tepung dan sagu.

 

Tempoyak

Tempoyak adalah hidangan berbahan dasar durian dan diolah seperti sambal. Daging durian ditumis dengan cabai dan bawang putih, lalu dihaluskan hingga seperti saus dan disantap sebagai sambal.

 

Semoga bermanfaat ..

 



Please Leave Your Appreciation