Mengenal Surat Ijin Mengemudi (SIM) Internasional

Cara Membuat SIM Internasional

Untuk warga negara Indonesia, SIM Indonesia saja sudah cukup untuk negara-negara ASEAN dan Uni Eropa. Meski begitu, ada lebih dari 150 negara yang mewajibkan seorang turis yang ingin mengemudi untuk memiliki SIM Internasional.

Ikuti tahap-tahapnya berikut ini!

Persiapkan syarat-syarat pembuatan SIM Internasional, yaitu :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli beserta fotokopi
  • Paspor asli beserta fotokopi
  • Surat Ijin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku
  • Materai Rp.6.000
  • Pas Foto 4×6 sebanyak tiga lembar terbaru (latar foto wajib berwarna biru, untuk pria wajib berdasi dan wanita mengenakan blazer)

Bagi kita yang sudah sampai di lokasi, silakan mengambil tiket antrean dan menunggu giliran. Setelah nomor dipanggil, kita bias menuju loket lalu menyerahkan semua berkas. Jika petugas menyatakan berkasmu sudah valid, kita diizinkan mengisi formulir “Permohonan SIM Internasional” yang isinya wajib ditulis identitas pribadi dan permintaan golongan SIM Internasional.

SIM Internasional ini digolongan menjadi beberapa golongan, yaitu :

GOLONGAN PERUNTUKAN
A Sepeda motor dengan atau tanpa gandengan, kendaraan khusus untuk orang cacat dan kendaraan bermotor roda tiga dengan berat kosong tidak lebih dari 400 kg (900 lbs).
B Kendaraan bermotor selain kategori A, dengan massa maksimum yang diperbolehkan 3.500 kg. Memiliki tidak lebih dari delapan kursi penumpang selain kursi pengemudi.
C Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut barang dengan massa maksimum yang diizinkan lebih dari 3.500 kg (7.700 lbs). Kendaraan jenis ini boleh menarik trailer ringan.
D Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut penumpang dengan memiliki tidak lebih dari delapan kursi selain kursi pengemudi.
E Kombinasi dari kendaraan yang kendaraan utamanya ada di dalam kategori-kategori yang pengemudi diberikan izin mengemudi (B dan / atau C dan / atau D), tetapi tidak termasuk dalam kategori yang telah ditentukan.
Another Lost Stories :  Liburan Jadi Maksimal Dengan Google Lens

Selanjutnya adalah proses administrasi pembayaran, yaitu Rp 250.000 untuk pembuatan SIM baru dan Rp.225.000 bagi yang memperpanjang. Setelah itu, kita harus menyerahkan bukti pembayaran ke operator di loket untuk pendataan dan produksi.

Jangan lupa sebelum proses cetak, sebaiknya pastikan semua data yang tertera di SIM Internasional sama dengan indentitas resmi kita. Dan terakhir, petugas akan melakukan legalisasi berupa stempel dan emboss.

 

Another Lost Stories :

 


Subscribe for FREE Monthly eDigest

* indicates required

Please Leave Your Comment ..