Mengenal Standar Akreditasi Rumah Sakit Versi JCI

Standar akreditasi internasional dari Joint Commission International (JCI) merupakan standard yang dibuat agar pelayanan kesehatan rumah sakit berfokus kepada pasien dan diterapkan sesuai dengan budaya setempat untuk peningkatan mutu pelayanan secara berkesinambungan. Standar disini dimaksudkan sebagai suatu tingkat kualitas pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien yang diharapkan.

Joint Commission International (JCI) adalah divisi dari Joint Commission International, di bawah The Joint Commission. Selama lebih dari 50 tahun, The Joint Commission dan organisasinya telah mendedikasikan diri dalam peningkatan kualitas dan keselamatan kesehatan. Misi JCI sendiri adalah meningkatkan kualitas kesehatan secara terus-menerus kepada masyarakat, dengan bekerja sama dengan para stakeholder, mengevaluasi organisasi pelayanan kesehatan, serta memberikan inspirasi dalam peningkatan penyediaan pelayanan yang aman, efektif yang paling tinggi, dan bernilai mutunya. Dan dari ribuan rumah sakit di Indonesia, sangat disayangkan ternyata baru beberapa rumah sakit saja yang berhasil mendapatkan akreditasi dari JCI.

Pencapaian Standar JCI Rumah Sakit tersebut diharapkan dimulai dari input yaitu berupa sumber daya yang ada di rumah sakit meliputi staff yang kompeten dan fasilitas yang memadai. Dengan adanya input yang baik diharapkan mampu menciptakan proses layanan yang baik pula. Pada proses pelayanan berupa kegiatan pelayanan rumah sakit  dilakukan sesuai Standard Operational Procedure (SOP) serta Guidelines. Adanya sumber daya manusia, fasilitas dan proses yang baik maka hasil atau output dimungkinkan baik. Output tersebut harus selalu dipantau dan diukur dengan indicator-indikator capaian layanan.

Another Lost Stories :  Infographic : Pelanggaran Kode Etik Kedokteran Dr. Terawan Agus Putranto

 

Elemen Penilaian pada Standar JCI Rumah Sakit

Standar JCI memiliki 2 Bagian yang terdiri dari 12 bab yang mencakup lebih dari 300 standar dan 1000 elemen penilaian. Bagian pertama adalah Standar yang berfokus pada pasien yang meliputi 8 bab, yaitu,

  1. International Patient Safety Goals (IPSG)
  2. Access to Care and Continuity of Care (ACC)
  3. Patient and Family Rights (PFR)
  4. Assessment of Patients (AOP)
  5. Care of Patients (COP)
  6. Anesthesia and Surgical Care (ASC)
  7. Medication Management and Use (MMU) dan
  8. Patient and Family Education (PFE).

Pada bagian kedua merupakan standard manajemen organisasi kesehatan. Standard ini mencakup mengenai :

  1. Quality Improvement and Patient Safety (QPS)
  2. Prevention and Control of Infections (PCI)
  3. Governance, Leadership and Direction (GLD)
  4. Facility Management and Safety (FMS)
  5. Staff Qualifications and Educations (SQE) dan
  6. Management of Communication and Information (MCI).

Proses evaluasi JCI biasanya akan berlangsung selama 5 hari. Kegiatan ini meliputi Document Review, Patient Tracers, System Tracers.

Dan standar akreditasi JCI yang berlaku saat ini adalah “Joint Commission International Accreditation Standards for Hospitals, 6th Edition” yang berlaku per 1 Juli 2017. Silahkan download disini.

Semoga bermanfaat ..

 

Another Lost Stories :

 


Subscribe for FREE Monthly eDigest

* indicates required

Please Leave Your Comment ..

Banner IDwebhost