Mengenal Junghans, Produsen Jam Tangan Minimalis Dari Jerman Dengan Sentuhan Seniman Swiss

Rasanya tidak banyak yang mengenal jam tangan atau arloji merk Junghan Max Bill, jam tangan minimalis buatan Jerman dengan sentuhan seniman Swiss. Tetapi kita akan mudah mengingat jika melihat sebuah jam dinding atau jam besar yang gagah, maka nama “junghans” akan mudah terlintas di pikiran kita.

Sedikit bercerita tentang sejarahnya, Junghans, yang didirikan di Black Forest pada tahun 1861, adalah salah satu kisah sukses paling dinamis dan menarik dalam industri pembuatan jam tangan Jerman.

 

Junghans – The German Watch

Selama lebih dari 150 tahun, merek Junghans telah berdiri dan sangat dikenal sebagai jam Jerman. Dibentuk oleh tradisi, inovasi dan nilai yang panjang, nama Junghans selalu dikaitkan dengan kualitas, keandalan, semangat dan ketepatan. Selama sejarahnya yang luas, perusahaan yang berbasis di Schramberg telah berhasil membentuk sejarah industri jam tangan dan mempertahankan filosofi melalui perkembangan teknologi baru dan berkelanjutan serta menggabungkan gagasan berpikir yang maju dengan dorongan untuk mendapatkan hasil yang sangat presisi. Struktur bisnis nasional dan internasional modern memungkinkan Uhrenfabrik Junghans untuk terus menghadirkan produk inovatif “Made in Germany” di masa depan dan untuk lebih mengembangkan kisah sukses unik jam tangan dengan bintang tersebut.

 

TRADITION AND MODERNITY GO HAND IN HAND

Perusahaan Junghans didirikan oleh Erhard Junghans bersama ipar laki-lakinya Jakob Zeller-Tobler di Schramberg pada tahun 1861. Sampai hari ini, lokasi asli tetap menjadi kantor pusat perusahaan.

Sejak awal, Junghans selalu mendedikasikan produknya untuk dalam presisi serta kualitas manufaktur terbaik. Sementara perusahaan awalnya mengkhususkan diri dalam produksi komponen bagian untuk pembuatan jam. Junghans mulai membangun dan memproduksi jam sendiri pada tahun 1866.

Pendaftaran merek dagang Junghans, bintang 8 sudut, pada tahun 1890 menandai dimulainya era paten. dan prosedur yang memberi perusahaan keuntungan signifikan mengenai kualitas dan manufaktur: jam Junghans menjadi merk jam terpopuler yang dapat dimiliki oleh semua orang.

Junghans telah mempekerjakan 3.000 pekerja pada tahun 1903 dan menjual 3 juta jam per tahun dan menjadikannya pabrik jam terbesar di dunia. Tahun 1930an sangat penting dalam sejarah Junghans karena disinilah mereka memulai membuat jam sendiri. Model pertama dari jajaran “Meister” yang legendaris diproduksi selama masa ini dan dianggap sebagai jam tangan terbaik yang pernah dibuat perusahaan.

Another Lost Stories :  Seri Content Marketing Tools : MARKETING AUTOMATION TOOLS 2017

Tahun 1950 juga memainkan peran kunci dalam sejarah perusahaan. Pada saat inilah Junghans membangun dirinya sebagai produsen kronometer terbesar di Jerman. “Uhrenfabriken Gebrüder Junghans AG” menetapkan standar baru dalam pembuatan jam tangan saat menandai peringatan 100 tahun perusahaan tersebut pada tahun 1961. Setiap hari, 6.000 karyawan memproduksi 5.000 jam tangan, lebih dari 10.000 jam alarm dan 5.000 jam dapur dan ruang tamu yang diekspor dari Schramberg ke total 100 negara.

 

THE HIGHEST STANDARDS OF TECHNOLOGY AND DESIGN

Selain perkembangan teknologi yang sedang berjalan, Junghans juga sangat mementingkan budaya desain independen. Dengan produksi jam Junghans yang dirancang oleh Max Bill dari tahun 1956, gagasan ini dikembangkan lebih jauh. Kolaborasi tersebut memunculkan koleksi jam tangan legendaris yang kemudian menjadi desain klasik modern. Fitur desain inovatif juga diluncurkan dalam bentuk jam tangan pertama yang dikontrol radio, Mega 1, pada tahun 1990, sebuah proyek kerjasama yang berhasil dengan Frog Design. Tahun-tahun sebelumnya juga sangat menarik dan melihat perusahaan tersebut menampilkan jam tangan kuarsa Jerman pertama, “Astro Quartz”, pada tahun 1970.

Tonggak tambahan terjadi pada tren tahun 1990an dengan jam tangan surya yang dikendalikan radio pertama pada tahun 1993 dan penggunaan bahan berteknologi tinggi seperti keramik, jam tangan multi frekuensi radio pertama yang dikendalikan pada tahun 2004 dan penambahan koleksi jam mekanis.

Pada tahun 2011, Junghans merayakan kisah sukses 150 tahun dengan meluncurkan tiga model mekanik edisi terbatas dan interpretasi baru dari seri bersejarah seperti rentang “Meister”. Untuk pertama kalinya, Junghans menggabungkan model “Force” teknologi multi-frekuensi yang dikendalikan oleh Junghans dengan teknologi surya dalam casing keramik yang kemudian dilengkapi dengan teknologi Autoscan Junghans yang dipatenkan. Teknologi Autoscan Junghans ini memungkinkan identifikasi secara otomatis pemancar sinyal saat ini serta melakukan sinkronisasi waktu selama perjalanan.

 

TIME FOR SPORTIVE PEAK PERFORMANCE

Jajaran produk baru pada tahun 1972 mencerminkan moto tahun 1972 ini, yaitu  “waktu untuk pertunjukan puncak sportifitas”. Model ini didasarkan pada konsep produk yang baru dimulai pada masanya dengan casing yang mencolok disertai aksen warna segar pada gaya tahun 1970an.

Dilengkapi dengan teknologi terbaru, mereka mencerminkan kesuksesannya pada bidang olahraga sebagai pencatat waktu resmi di Olimpiade Munich pada tahun 1972. Berkat metode pengukuran baru Junghans, pengukuran waktu dilakukan sangat akurat sepersepuluh detik dengan menggunakan foto berwarna pertama di garis finish. 

Another Lost Stories :  I Think, Doctor Have The Best Leadership and Management, Why?

Saat ini tersedia 6 seri produk Junghans, tersedia dalam tipe chronoscope, automatic, quartz dan hand winding yang dapat dinikmati karya seni ini di lengan kita sehari-hari,

 

Screenshot of www.junghans.de

 

ERHARD JUNGHANS – Visualising Time

Erhard Junghans adalah pemikir yang tidak konvensional pada zamannya. Dan pada hari ini, cara pandanga dan arloji uniknya sangat menyadarkan hal ini. Prestasinya mulai hidup pada saat jam tangan impor murah dari Amerika membuat hidup sangat sulit bagi pengrajin kecil yang tak terhitung jumlahnya.

Krisis ini akhirnya memacu tantangan dan kesuksesan seorang pria di Jerman: Erhard Junghans. Dengan diperkenalkannya proses produksi dan inovasi teknis baru, timepieces dari Schramberg segera dikenal di seluruh dunia karena kehandalan dan ketepatannya. Dan meskipun Erhard Junghans meninggal dunia pada tahun 1870, jiwanya hidup di dalam perusahaan, merek dan terutama dalam arlojinya.

Model koleksi Erhard Junghans tidak hanya mewakili cita-cita sebuah arloji dengan menghargai nilai-nilai umum, namun juga merupakan penghargaan bagi pendiri perusahaan Erhard Junghans – salah satu pelopor sejati seni pembuatan jam tangan Jerman yang baik.

 

JUNGHANS MEISTER – Lasting Values Crafted by Masters

Suatu karya “masterpiece” muncul saat prestasi teknis mengambil bentuk estetika. Hubungan erat antara teknologi dan estetika ini diakui oleh Junghans pada tahap awal dan menyebabkan budaya desain unik perusahaan.

Jam tangan Junghans sejak tahun 1930an sampai 1960an diciptakan oleh perancang produk Anton Ziegler dengan sangat mengesankan.

Anton Ziegler membentuk penampilan jam tangan Junghans selama beberapa dekade. Garis Meister saat ini didasarkan pada desain bersejarah untuk jam tangan Meister di era ini dan membuat pernyataan yang jelas tentang horor mekanis klasik di Junghans.

Ciri khasnya sekaligus mencerminkan masa lalu dan masa kini dari nama besar Junghans. Ini menjelaskan daya tarik yang diberikan oleh Meister sampai hari ini.

 

JUNGHANS FORM

Junghans FORM bukan jam tangan yang dikhususkan untuk acara-acara khusus, tetapi ini adalah jam tangan khusus untuk setiap kesempatan. Junghans FORM menggabungkan seni pembuatan jam tangan klasik dengan desain modern.

Another Lost Stories :  Seri Smart Hospital (5) : Kebutuhan Rumah Sakit dalam Menjawab Tantangan Dan Permasalahan Era Kesehatan 4.0, Terutama Dari Aspek Data

Di samping dial tiga dimensi, juga yang mengesankan adalah dengan pendekatan ergonomisnya. Karena gaya yang bagus tidak lekang oleh waktu, dan FORM yang modern dan tanpa hiasan adalah master of reservation – arloji yang memiliki karakteristik untuk di setiap titik waktunya.

 

JUNGHANS MEISTER DRIVER

Driver Meister tidak sekedar menampilkan waktu, tetapi juga membangkitkan keseluruhan era: tahun-tahun awal otomotif modern, masa pelopor teknologi hebat.

Seperti tidak ada jam tangan lain, Meister Driver menggabungkan pesona khas mobil dengan semangat kita untuk jam tangan mekanis.

 

PERFORMANCE – Precision Takes Priority

Sejarah arloji selalu mengejar peningkatan akurasi, miniaturisasi dan cadangan daya yang lebih besar. Junghans mencapai posisi terdepan di sini dengan banyak pengalaman pertama di dunia. Jumlah paten itu sendiri merupakan bukti ambisi, pengetahuan dan kreativitas perusahaan. Junghans telah memiliki lebih dari 3.000 paten yang terdaftar.

 

JUNGHANS MAX BILL – The Power of Simplicity

Jam tangan Junghans Max Bill yang merupakan salah satu jam tangan favorit saya, dalam pandangan saya memiliki keunikan tersendiri dimana Junghans Max Bill menawarkan minimalistik dalam konstruksi jam tangan khas Jerman yang solid, desain yang simple, sophisticated, modern dalam ke-klasik-annya yang seakan-akan tak lekang oleh waktu. dan detilnya akan saya tulis di postingan berikutnya.

Junghan Max Bill termasuk salah satu seri jam tangan paling menarik yang pernah dirancang – jam dan jam tangan yang dia buat untuk Junghans – dan yang tetap tidak berubah hari ini. Max Bill adalah salah satu artis paling tidak biasa di zaman kita. Dia diakui sebagai jenius universal, ia bekerja sebagai arsitek, pelukis, pematung dan perancang produk dan telah meninggalkan portofolio kreasi yang luas.

Sebagai murid Bauhaus dari Walter Gropius, dia secara intuitif mengerti bagaimana menerapkan kejelasan yang konstruktif dan proporsi yang tepat untuk pekerjaannya. Dorongan tak tertandingi untuk diciptakan juga terlihat di bidang pendidikan. Dia bukan hanya sekedar co-founder dan rektor pertama dari Ulm College of Design (Hochschule für Gestaltung – HfG), namun gedung sekolahnya juga merupakan desain asli Max Bill.

*Pict source : junghans, wikipedia, pinterest

 

Another Lost Stories :

 


Subscribe for FREE Monthly eDigest

* indicates required

Please Leave Your Comment ..

Banner IDwebhost