Mengenal Jenis dan Macam Ukuran Jarum Infus

Pada tanggal 17 November 2017, dr. Wahyu Triasmara di laman Facebooknya menyampaikan bahwa Setya Novanto yang sedang dirawat di RS Medika Permata Hijau, ternyata ditenggarai salah menggunakan jarum infus karena yang digunakan adalah peruntukan untuk bayi atau anak kecil dan postingan tersebut menjadi viral di kalangan netizen. Viralnya hal tersebut dapat dilihat dengan jumlah total respon apresiasi sebanyak 28 ribu, 69.056 kali dibagikan dan 4,1 ribu komentar per tanggal 19 November 2017 jam 08.07 am dan masih terus bertambah.

Tapi biarkanlah masalah tersebut masalah lain dengan yang akan dibahas disini untuk menambah ilmu kita dan berikut tulisan tentang jenis dan macam jarum infus.

Menurut Darmawan (2008), definisi infus adalah salah satu cara atau bagian dari sebuah pengobatan untuk memasukkan obat atau vitamin kedalam tubuh pasien melalui pembuluh darah. Untuk melakukan prosedur tindakan pemasangan infus, salah satu alat dan bahan yang wajib digunakan yaitu jarum infus atau dalam dunia medis biasa disebut abocath. Pemilihan jenis serta ukuran Abocath teramat sangat menentukan mengenai tingkat keberhasilan dalam melakukan pemasangan infus terhadap pasien, karena tergantung dari pemilihan ukuran, bentuk serta fungsi  yang harus sesuai dengan ukuran vena pasien, selain dari kondisi pasien serta kemampuan pemasang abocath itu sendiri tentunya.

Another Lost Stories :  Spine Trauma - What Are the Current Controversies?

Adapun menurut Potter (1999) ukuran jarum infus berbeda-beda dan memiliki standar internasional, yaitu :

  1. Ukuran 14G
    • kode warna ORANYE
    • diperuntukan bagi pasien dengan kondisi massive trauma.
  2. Ukuran 16G
    • kode warna ABU-ABU
    • diperuntukan bagi pasien anak dengan usia di atas 8 tahun dan dewasa, pasien dengan trauma, pasien dengan indikasi bedah mayor, serta dengan kondisi pasien yang diperlukan terapi sejumlah besar cairan infus perlu diberikan kepada pasien, sehingga pemasangan jarum infus ukuran 16 umumnya digunakan pada vena besar.
  3. Ukuran 18G
    • kode warna HIJAU
    • diperuntukan bagi pasien anak dengan usia 1 – 8 tahun serta anak di atas usia 8 tahun dan dewasa, biasanya dipergunakan untuk melakukan tindakan pemberian cairan darah, komponen darah serta cairan kental lainnya. Pemasangan jarum infus ukuran 18 pada vena besar.
  4. Ukuran 20G
    • kode warna PINK
    • diperuntukan bagi pasien anak dengan usia 1 – 8 tahun serta anak di atas usia 8 tahun dan dewasa. Sering digunakan untuk menginfus darah, komponen darah serta cairan infus kental lainnya.
  5. Ukuran 22G
    • kode warna BIRU
    • diperuntukan bagi pasien anak dengan usia 1 – 8 tahun serta dewasa usia lanjut. Jarum infus ukuran 22 dapat dipergunakan untuk menginfus sebagian besar cairan infus dan relatif lebih mudah untuk melakukan  insersi ke vena yg kecil, tipis dan rapuh. Kecepatan tetesan pada penggunaan jarum infus ukuran 22 harus dipertahankan pada tetesan  lambat.
  6. Ukuran 24G
    • kode warna KUNING
    • diperuntukan bagi pasien dengan usia di bawah 1 tahun (nenonatus, bayi, anak) dan dewasa usia lanjut. Jarum infus ukuran 24 dapat dipergunakan untuk menginfus sebagian besar cairan infus dan relatif sangat mudah untuk melakukan  insersi ke vena yang sangat kecil, tipis dan rapuh. Kecepatan tetesan pada penggunaan jarum infus ukuran 24 harus dipertahankan pada tetesan lambat atau biasa disebut micro drip.
  7. Ukuran 26G
    • kode warna VIOLET
    • diperuntukan bagi pasien dengan usia di bawah 1 tahun (nenonatus, bayi, anak) dan dewasa usia lanjut. Jarum infus ukuran 26 dapat dipergunakan untuk menginfus sebagian besar cairan infus dan relatif sangat mudah untuk melakukan  insersi ke vena yang sangat kecil, tipis dan rapuh namun jarum infus ukuran 26 ini sangat jarang digunakan karena para tenaga medis biasanya cukup menggunakan jarum infus ukuran 24. Kecepatan tetesan pada penggunaan jarum infus ukuran 26 harus dipertahankan pada tetesan yang sangat lambat atau biasa disebut micro drip.
warna ukuran jarum infus serta perbandingan besaran dan diameter masing-masing jarum

 

Another Lost Stories :  Choirul Huda Dan Pesepak Bola Nasional Yang Senasib

Semoga bermanfaat ..

 



Please Leave Your Appreciation