Konsep Diri : Faktor Yang Mempengaruhi

Banyak hal yang dapat mempengaruhi perkembangan konsep diri seseorang. Menurut Malcolm & Selve (1988), perkembangan konsep diri sangat dipengaruhi oleh empat faktor yang saling berkaitan, yaitu:

  1. Reaksi orang lain (significant other). 
Konsep diri dipengaruhi oleh bagaimana orang lain memperlakukan kita.
  2. Perbandingan dengan orang Lain. 
Dalam proses pembentukan konsep diri, individu seringkali membandingkan dirinya dengan orang lain yang biasanya sebaya atau hampir sama dengannya.
  3. Peran individu. 
Dalam arti bahwa harapan-harapan dan pengalamannya yang berkaitan dengan suatu peran akan mempengaruhi pembentukan konsep dirinya.
  4. Identifikasi dengan orang lain. 
Yang terpenting dan terutama adalah identifikasi dengan orang tua.

Anak yang mengidentifikasi orangtuanya sebagai orang tua yang hangat dan baik hati, akan merasa bahwa ia juga hangat dan baik hati seperti orang tuanya. Hal ini didukung oleh hasil penelitian dari Bealmer, Bussel, Cunningham, Gideon, Gunderson, & Livingstone (dalam Fitts, 1971) yang mengatakan bahwa anak yang salah satu atau kedua orang tuanya memiliki konsep diri positif cenderung akan memiliki konsep diri yang positif juga.

Menurut Cooley (dalam Michener, DeLamater & Schwartz, 1989) faktor yang mempengaruhi konsep diri seorang anak adalah adanya reaksi dari orang lain significant others), yaitu reaksi dari orang tua dan teman sebaya. Bagaimana cara orang lain (significant others) memandang seseorang dan memberikan umpan terhadap tingkah laku seseorang akan mempengaruhi perkembangan konsep diri seseorang yang bersangkutan. Sedangkan Kinch (dalam Fitts, 1971) mengatakan bahwa konsep diri terbentuk berdasarkan interaksi sosial, dan konsep diri akan menuntun atau mempengaruhi tingkah laku seseorang. Menurut Hurlock (2004), perkembangan konsep diri dipengaruhi oleh dua faktor yaitu, faktor dari dalam diri individu itu sendiri (internal) dan faktor dari luar individu (eksternal).

Another Lost Stories :  Menghasilkan Uang Dengan 9 Networks Blogging

Ada dua faktor internal yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan konsep diri, yaitu :

  1. Penampilan fisik individu, yang mengakibatkan perubahan pandangan dan penilaian individu juga orang lain terhadap dirinya. Individu didorong untuk dan merumuskan konsep yang baru tentang penampilan fisiknya.
  2.  Perkembangan psikis yang ditandai oleh perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa yang menyebabkan individu semakin sadar akan ‘aku’nya dan memperkaya ekspresi dirinya.

Individu sadar akan kemampuan dan kelemahannya, bakat-bakat, 
keyakinan-keyakinan, sikap dan nilai serta ciri-ciri kepribadiannya. Individu dapat membentuk konsep-konsep abstrak tentang dirinya dan dapat mengungkapkannya dengan bahasa yang abstrak. Dan faktor eksternal yang paling berpengaruh terhadap perkembangan konsep diri seseorang adalah lingkungan sosial, tempat berlangsungnya rangkaian interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan unsur yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan konsep diri seseorang.

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa konsep diri merupakan sebuah konsep yang berguna untuk memahami perilaku seseorang, terdiri dari berbagai aspek dimana tiap bagian terintegrasi membentuk konsep diri secara utuh.

Semoga bermanfaat ..

 


Seri Tulisan Konsep Diri :

  1. Konsep Diri : Pengertian
  2. Konsep Diri : Dimensi
  3. Konsep Diri : Aspek
  4. Konsep Diri : Sub-variabel
  5. Konsep Diri : Faktor Yang Mempengaruhi

 

Another Lost Stories :

 


Subscribe for FREE Monthly eDigest

* indicates required

Please Leave Your Comment ..