Keamanan Mengendarai Toyota Fortuner

Setya Novanto mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai Toyota Fortuner dan harus dirawat di rumah sakit karena trauma kepala. Lalu sebenarnya bagaimana dengan keamanan mengendarai mobil Toyota Fortuner? Dan bagaimana dengan hasil dari crash test Toyota Fortuner?

Pertanyaan ini timbul setelah terjadi insiden Setya Novanto, Ketua DPR RI, mengalami kecelakaan lalu lintas tunggal dalam perjalanan menuju studio salah satu televisi nasional di wilayah Jakarta Barat. Mobil Toyota Fortuner B 1732 ZLO diketahui menabrak tiang listrik di sekitar wilayah Permata Berlian, Jakarta Selatan tepat di samping rumah Surya Paloh, Ketua Umum Partai Nasdem, sekitar jam 19 pada hari Kamis tanggal 16 November kemarin, yang kemudian peristiwa tersebut menjadi trending topic di situs sosial media twitter dengan hashtag #SaveTiangListrik karena netizen melihat banyak kejanggalan pada peristiwa tersebut, salah satunya adalah lokasi tempat kecelakaan Setya Novanto ini merupakan jalan yang ditutup lantaran adanya pengerukan kali.

Hasil crash test berikut ini saya ambil dari situs ANCAP (The Australasian New Car Assessment Program) yang  merupakan leader dalam bidang advokasi keselamatan kendaraan independen di Australia. ANCAP memberikan saran dan informasi yang transparan kepada konsumen mengenai tingkat pemakai serta perlindungan terhadap para pejalan kaki yang tersajikan melalui jenis-jenis kendaraan yang berbeda pada kejadian kecelakaan yang paling umum, serta kemampuan kendaraan-kendaraan tersebut melalui teknologi ANCAP yang berguna untuk menghindari parah dan fatalnya kecelakaan yang terjadi.

Screenshot of www.ancap.com.au

Sejak tahun 1993, ANCAP telah menerbitkan hasil crash test atau uji tabrak untuk lebih dari 590 kendaraan penumpang dan komersial ringan yang dijual di Australia dan Selandia Baru berupa  peringkat keamanan versi ANCAP yaitu 1 sampai 5 bintang, yang menunjukkan tingkat keamanan kendaraan tertentu jika terjadi kecelakaan. Semakin banyak bintang, semakin baik kendaraan yang tampil dalam tes ANCAP. Untuk mencapai peringkat keamanan 5 bintang sebagai peringkat tertinggi dalam keamanan, setiap kendaraan harus melalui suatu test dan harus mencapai standar tertinggi dalam semua pengujian dan pada fitur Safety Assist Technology (SAT) di level advanced.

 

Another Lost Stories :  Personal Branding, Bukan Sekedar Populer

 

ANCAP memiliki visi mengeliminasi korban kecelakaan di jalan melalui percobaan kendaraan serta promosi atas keamanan kendaraan dan berkendara serta memiliki motto “Supporting the Decade of Action for Road Safety, 2011-2020”.

ANCAP merupakan satu dari sembilan New Car Assessment Programme (NCAPs) atau program uji coba, yang didirikan di seluruh dunia untuk mempromosikan pilihan kendaraan yang lebih aman bagi konsumen. Program uji lainnya terletak di, dan, mencakup pasar, Eropa, Amerika Serikat, Jepang, Korea, Cina, Amerika Latin dan Asia Tenggara.

Berikut hasil crash test Toyota Fortuner yang dilakukan ANCAP pada tahun 2015,

 

Another Lost Stories :

 


Subscribe for FREE Monthly eDigest

* indicates required

Please Leave Your Comment ..