Jekawe: Font Tulisan Tangan Jokowi (Untuk Windows dan Mac)

Download : Jekawe – Font Tulisan Tangan Jokowi

Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kami kepada presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo a.k.a Jokowi, atas dedikasi dan loyalitasnya dalam memimpin dan membangun Indonesia, maka lahirlah font Jekawe ini.

Font Jekawe terinspirasi atau boleh dibilang mengkonversi gaya tulisan tangan Jokowi menjadi sebuah font. Ini adalah personal project Locomotype yang tidak terafiliasi dengan pihak manapun, sehingga siapapun bisa menggunakan font ini tanpa dibatasi oleh perbedaan pandangan politik tertentu.

 

Proses

Awalnya kami sempat berandai-andai, jika saja bisa mendapatkan secara lengkap tulisan tangan pak Jokowi mulai dari uppercase, lowercase, number, simbol hingga tanda baca, tentu ini akan lebih menantang dan menarik atau setidaknya kami memiliki lebih banyak transkrip tulisan tangan asli. Namun siapalah kami yang hanya remukan rengginang, belum berani bermimpi ketemu pak Jokowi. Hehehe.

Lalu darimana mendapatkan sumber yang dijadikan acuan? Siapa lagi jika bukan mbah Google. Cukup bermodal keyword ‘tulisan tangan Jokowi’, kami bisa menemukan beberapa transkrip tulisan tangan Jokowi yang kami cari. Tentu saja tidak begitu lengkap dan terstruktur, tapi kami mencoba semaksimal mungkin memulainya dari bahan yang ada.

 

Pengembangan

Dari beberapa transkrip tulisan tangan Jokowi tersebut, kami ‘menjiplak’ sebanyak mungkin setiap karakter berbeda yang bisa kami kumpulkan. Yang terbanyak adalah karakter huruf kecil (lowercase), dimana kami bisa mengumpulkan karakter sesuai gaya asli serta tambahan sedikit improvisasi hingga 6 varian untuk setiap karakter lowercase.

Another Lost Stories :  Identifying Opportunities Within ASEAN’s Universal Healthcare Programmes

Kami mengalami kesulitan saat mengolah karakter huruf besar (uppercase), simbol dan tanda baca (punctuation). Disini kami lebih banyak melakukan improvisasi berdasarkan lowercase dan beberapa uppercase yang berhasil kami kumpulkan. Sehingga kami tidak menggaransi jika font Jekawe ini akan 100% persis tulisan tangan pak Jokowi, tapi kami tetap meyakini font ini memiliki sesuatu yang khas seperti tulisan tangan aslinya. Beberapa huruf yang memiliki ciri khas dari tulisan tangan Jokowi menurut kami adalah a, b, d, i, m, I, 2, 5, 7.

Selain karakter dasar lowercase dan uppercase, font Jekawe memasukkan angka 0-9, simbol dasar dan tanda baca secara lengkap.  Namun tidak memasukkan aksen atau diakritik multi bahasa karena memang tujuan dirilisnya font ini hanya ditujukan untuk masyarakat Indonesia.

 

Fitur

Tantangan terbesar dalam mengkonversi tulisan tangan menjadi font adalah bahwa tulisan tangan itu dinamis. Goresan pertama dan kedua bisa sedikit berbeda bentuknya, ukurannya dan posisinya. Sementara sebuah font tidak bisa bergerak sebebas itu. Namun bermodalkan 6 varian huruf (lowercase dan uppercase) yang telah kami kumpulkan diawal, kami mencoba memanfaatkan fitur opentype untuk membuat (pseudo) random, agar tulisan lebih dinamis dan tidak kehilangan kesan natural.

Another Lost Stories :  #KE2JANYATA : Topik Khusus Pariwisata

 

Fitur ini akan aktif secara otomatis jika font digunakan pada sebagian besar software Adobe terutama Illustrator dan Photoshop. Dan juga pada CorelDrawX6 ke atas. Untuk penulisan di Microsoft Word, fitur opentype tidak berlaku otomatis.  Cara mengaktifkannya, Anda bisa lihat dari vidio dibawah.

 

Preview

 

Syarat dan Ketentuan

  • Silahkan unduh secara gratis dengan meng-klik pada link di bawah ini.
  • Free for personal use, non-commercial use.
  • Dilarang memperjualbelikan font Jekawe dengan cara apapun.
  • Dilarang menggunakan font ini untuk pornografi atau kegiatan yang melanggar hukum.
  • Dilarang memodifikasi font dan mendistribusikan ulang dengan menghapus hak cipta aslinya.

 

Download (untuk Microsoft & MacOS)

 



Please Leave Your Appreciation