Google Gratiskan Hangout Meet, Aplikasi Rapat Online & Cara Menggunakannya

Sebelumnya Google menggratiskan layanan aplikasi rapat online Hangout Meet hingga 1 Juli 2020, kini akses gratis ini diperpanjang hingga 30 September 2020 sebagaimana dilansir oleh Google.

Hangouts Meet yang mampu menampung hingga 250 peserta dalam satu telekonferensi merupakan bagian dari aplikasi produktivitas Google G Suite, di samping Google Documents dan Spread. Aplikasi rapat online ini dapat menampung peserta hingga 250 undangan per panggilan, streaming langsung untuk hingga 100.000 pemirsa dalam domain, dan kemampuan untuk merekam pertemuan dan menyimpannya ke Google Drive.

Kebijakan ini umumkan setelah, Zoom, pesaing Hangouts Meet Google, memperpanjang layanan gratisnya untuk pengguna di China dan digratiskan untuk sekolah.

Tips menggunakan Google Hangout Meet

  1. Pastikan koneksi jaringan internet anda lancar
    Hal penting yang wajib anda lakukan adalah memastikan anda memiliki koneksi internet yang lancar karena Google Hangouts Meet memakan konsumsi data yang lumayan besar. Agar saat melakukan video antarmuka tidak terjadi “lag”, dan komunikasi pun tetap berjalan dengan baik coba gunakan WiFi bukan mobile network. Jika memang terdesak, anda dapat menggunakan Google Hangouts dari ponsel.
  2. Carilah tempat yang tidak ramai
    Perhatikan lingkungan sekitar anda ketika akan memulai video call. Jangan memilih tempat yang ramai, cobalah untuk jauh dari kebisingan, misalnya saja di kamar. Jika memang sulit mencari tempat tersebut, solusinya anda dapat gunakan headset agar tetap mendengar lawan bicara anda saat menggunakan Google Hangouts Meet.
  3. Melakukan panggilan grup
    Tidak hanya berdua, Google Hangouts Meet juga dapat menampung hingga 250 peserta dalam satu video conference. Siaran langsung telekonferensi dapat ditonton hingga 100 ribu penonton dengan satu domain saja. Cukup membantu pekerjaan anda bukan? Jangan khawatir, Hangouts Meet dapat otomatis menghasilkan kode agar orang dapat melakukan panggilan melalui komputer, ponsel atau dari perangkat apapun yang tersambung dengan koneksi internet.
  4. Aktikan fitur teks
    Meski keunggulan dari Google Hangouts Meet ini adalah video conference, anda juga dapat mengetik pesan saat conference call itu berlangsung, ataupun saat anda berada di sinyal yang buruk maupun tempat ramai. Bukan hanya itu, fitur teks otomatis Meet juga berfungsi untuk menampilkan teks secara realtime (seperti subtitle di TV). Cukup dengan melihat di bagian bawah jendela Meet, aktifkan teks atau menonaktifkan teks.
  5. Tampilkan presentasi secara realtime
    Berbeda dengan aplikasi video conference lainnya, Google Hangouts Meet dapat menampilkan presentasi secara langsung saat andasedang melakukan video conference. Caranya, lihat di pojok kanan bawah pada layar Google Hangouts Meet, pilih “Presentasikan sekarang”. anda memiliki pilihan untuk hanya menampilkan bagian yang ingin ditampilkan, presentasikan satu jendela saja.
Another Lost Stories :  Minumlah Kopi Tanpa Gula

Cara Menggunakan Google Hangout Meet

  1. Menggunakan PC atau Laptop atau Macbook
    Penggunaan Google Hangouts Meet di personal computer (PC) dapat dilakukan dengan mudah. Kemudian, pengguna diminta untuk mengklik bagian atas “percakapan baru +”. Dari situ, masukkan dan pilih nama atau alamat email yang ingin dihubungi maka pengguna langsung dapat mengetik pesan untuk dikirim. Selain pesan instan, pengguna juga dapat melakukan video call atau panggilan video. Untuk lebih jelasnya, berikut saya jelaskan langkah-langkahnya

    • Masuk ke situs Google Meet melalui browser Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge atau Safari disini
    • Klik “Join or Start a Meeting”
    • Tulis judul meeting atau kode rapat agar tidak ada partisipan yang salah bergabung (anda juga dapat mengosongkannya apabila tidak dibutuhkan)
    • Situs akan meminta izin untuk mengakses kamera dan mikrofon. Setelah diberi izin, anda dapat langsung mengklik opsi “Join Now” untuk membuat ruang meeting virtual atau “Present” untuk melakukan presentasi lewat tampilan layar personal computer (PC)
    • Jika ruang meeting virtual sudah siap, silakan undang partisipan meeting lainnya dengan copy paste link video conference tersebut atau tambahkan orang menggunakan alamat email dan tunggu mereka bergabung ke dalam conference.
  2. Menggunakan Handphone Android atau iPhone
    • Pertama-tama, download terlebih dahulu aplikasi Google Hangouts Meet di handphone anda
    • Setelah selesai download, selanjutnya anda akan diminta untuk Sign Up menggunakan email Gmail
    • Setelah Sign Up, anda dapat langsung melakukan percakapan kelompok baik itu group chat maupun video conference. Caranya mudah, cukup klik ikon (+) di bagian pojok kanan bawah dan pilih “New Video Call”
    • Selanjutnya, anda pun akan diminta untuk menambahkan partisipan chat menggunakan nomor HP atau email. Apabila anda ingin menambahkan partisipan chat menggunakan nomor HP, undangan conference akan dikirim lewat SMS. Sementara jika menggunakan email, maka undangan akan masuk ke Inbox email.
    • Tunggu hingga semua orang yang diundang masuk ke dalam conference itu
    • Jika anda adalah partisipan yang diundang oleh penyelenggara meeting virtual, anda cukup mengklik link yang dikirim lewat email atau SMS. Setelah itu, anda akan secara otomatis bergabung dalam video conference tersebut.
    • Sebagai catatan bahwa orang yang tidak diundang ke dalam conference atau yang tidak memiliki akun G Suite, ketika ingin bergabung harus mendapatkan persetujuan dari partisipan yang telah bergabung. Hal ini dilakuakn untuk menghindari adanya penyusup di meeting yang sedang diselenggarakan.
Another Lost Stories :  Calcium and Vitamin D Supplements for Orthopedic Patients?

Semoga bermanfaat ..

 

Another Lost Stories :

 


Subscribe for FREE Monthly eDigest

* indicates required

Please Leave Your Comment ..

Banner IDwebhost