Bus Wisata Di Indonesia

Saat ini, semakin banyak kota-kota besar di Indonesia mulai melirik program city tour menggunakan bus sebagai salah satu atraksi wisata yang ditawarkan. Biasanya jenis bus yang digunakan dalam program city tour berupa bus tingkat. Hal menarik yang ditawarkan oleh bus city tour adalah kesempatan menikmati berbagai sudut kota yang menarik dalam satu waktu. Bahkan, di beberapa kota, bus city tour turut didampingi oleh pemandu yang aktif menceritakan setiap tempat unik yang dilewati.

Menilik ke belakang, tren city tour di Indonesia bermula dari ide kreatif Joko Widodo ketika masih menjabat Walikota Kota Surakarta.

Saat itu, tepatnya pada 2011, Jokowi berinisiatif menghadirkan Werkudara sebagai bus tingkat wisata yang beroperasi di kawasan Jalan Slamet Riyadi dan di sekitarnya yang dikenal sebagai nadi utama geliat Kota Surakarta. Terbukti, salah satu alasan yang mendasari meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kota Surakarta saat itu, selain wisata budaya dan kulinernya, adalah rasa penasaran terhadap bus wisata Werkudara. Dan berikut bus wisata di lima kota besar di Indonesia berdasarkan abjad yang patut kita coba.

 

Bandros | Lokasi : Bandung, Jawa Barat

Bus city tour milik pemerintah kota Bandung yang mulai beroperasi pada tahun 2014 diberi nama Bandros atau singkatan dari Bandung Tour on The Bus. Bandros merupakan bus tingkat dengan atap terbuka di atasnya, berkapasitas 30 orang untuk lantai dua dan enam kursi di lantai satu.

Dengan Bandros, para wisatawan akan diajak berkeliling menyaksikan keindahan Kota Bandung.

Another Lost Stories :  Documentation Gallery: Lost To Pariaman, West Sumatera | 08 - 09.2017

 

Jakarta Explorer | Lokasi : Jakarta

Bus Jakarta Explorer yang persembahan Trans Jakarta ini merupakan Bus dua tingkat ini gratis dan punya empat tema berbeda dari 18 bus yang tersedia.

Bus Jakarta Explorer akan mengajak wisatawan menelusuri ikon kota dan landmark di Kota Jakarta. Berdasarkan keterangan dari Trans Jakarta, bus wisata ini dilengkapi dengan audio dan bus attendant on board yang akan menjelaskan lokasi-lokasi yang dilewati bus kepada penumpang.

Ada empat rute yang ditawarkan dari Bus Jakarta Explorer dengan tema berbeda. Pertama Rute dengan tema sejarah Jakarta, ke dua adalah rute tema Jakarta Baru, ke tiga rute tema Kesenian dan kuliner, serta rute tema Pencakar langit Jakarta.

 

Macito | Lokasi : Malang, Jawa Timur

Malang juga memiliki bus city tour yang baru diresmikan pada tahun 2015. Namanya adalah Macito alias Malang City Tour. Bus tingkat berwarna hijau ini akan mengajak para wisatawan berkeliling Kota Malang dengan rute Balai Kota Malang – Alun-alun Merdeka – Jalan Kawi – Jalan Ijen – Simpang Balapan- dan kembali ke Balai Kota.

Bus Macito memiliki jadwal operasi 3 kali keliling kota mulai pukul 9.00 sampai 12.00. Adapun tempat menaik-turunkan penumpang berada di kawasan Tugu Malang di depan DPRD Kota Malang. Lebih seru lagi, naik Macito berkeliling Malang ini gratis

Another Lost Stories :  Review : Marvell Luxury Hotel Di Kota Nunukan, Kalimantan Utara

 

Mpok Siti | Lokasi : Jakarta

Bus city tour milik pemerintah kota Jakarta adalah Mpok Siti. Uniknya, semua pengemudi Mpok Siti adalah perempuan.

Sama seperti city tour pada umumnya, para wisatawan diperbolehkan turun sejenak ke satu titik pemberhentian untuk melihat-lihat tempat tersebut.

 

Surabaya Heritage Track | Lokasi : Surabaya, Jawa Timur

Ingin memanfaatkan momen liburan dengan melakukan napak tilas perjuangan para pahlawan di Surabaya?

Maka teman-teman dapat memanfaatkan moda bus Surabaya Heritage Track yang dipersembahkan oleh House of Sampoerna.

Bus SHT ini dapat dimanfaatkan wisatawan secara gratis dengan mendaftar terlebih dahulu di museum House of Sampoerna, Surabaya. Kemudian, di jam-jam tertentu, yakni pukul 9.00, 13.00, dan 15.00 wisatawan akan diajak berkeliling sekitar Surabaya bagian utara, melihat-lihat bangunan dan tempat bersejarah di Surabaya Utara.

Menariknya, setiap perjalanan SHT selalu punya tema khusus, seperti Babatan Surabaya, Surabaya kota Niaga, hingga Surabaya kota pahlawan.

 

Uncal | Lokasi : Bogor, Jawa Barat

Wahana bus city tour dengan nama Unforgettable city tour at lovable city alias Uncal in adalah milik pemerintah kota Bogor. Bus Uncal beroperasi pada hari Jumat hingga Minggu setiap minggunya. Rencananya, untuk tahap awal bus Uncal akan beroperasi di seputar Kebun Raya Bogor yang juga akan diberi arahan oleh pemandu wisata.

Another Lost Stories :  Passengers and Destination Certainty

 

Werkudara | Lokasi : Solo, Jawa tengah

Berwisata ke Kota Solo, jangan lupa untuk naik Bus Werkudara yang akan membawa kita berkeliling kota Solo.

Bus Werkudara mulai beroperasi sejak 20 Februari 2011 yang memang bertujuan untuk menarik wisatawan di Solo. Bus tingkat ini menjadi salah satu wahana wisata untuk bernostalgia dengan bus tingkat solo yang dulu sempat jadi bus kota yang populer dengan rute berkeliling Kota Solo melewati Keraton Surakarta, Kampung Batik Kauman dan Laweyan, Mangkunegaran, Museum Radya Pustakan, dan tempat lainnya.

 

Semoga bermanfaat ..

 



Please Leave Your Appreciation