Bunga Nagapushpa Mekar 33 Tahun Sekali di Pegunungan Jayawijaya, Papua

Bunga Nagapushpa Mekar 33 Tahun Sekali di Pegunungan Jayawijaya, Papua

Membaca postingan teman di instagram tentang mekarnya bunga nagapushpa, di postingannya ditulis “megapuspa”, yang disebut mekar 33 tahun sekali dan hanya ada di pegunungan Jayawijaya, Papua. Berarti bunga itu sangat langka, bahkan melebihi bunga bangkai seperti rafflesia arnoldi, yang membutuhkan waktu 6 – 9 tahun untuk mekar. Benarkah itu? 

Gambar berwarna-warni menyerupai bulu, cambuk atau cacing tidak Ular bunga Nagapushpa, itu sebenarnya sebuah Sea Pen, jenis karang. Jenis Sea Pens beragam dan termasuk sebagai hewan air, dan nama mereka dapat terlihat dari bentuknya yang seperti berusia bulu pena untuk menulis. Mereka memiliki kerangka internal yang keras dan beberapa dari mereka bahkan dapat bersinar dalam gelap dan warna-warni Sea Pens menghiasi dasar samudera. Foto ini mulai beredar secara online sekitar Januari, 2016.

Gary Williams, yang menemukan dan mengabadikan dalam bentuk foto di tahun 2013, seorang kurator zoologi invertebrata di California Academy of Sciences, menjelaskan bahwa Sea Pen dapat tumbuh antara 5 cm sampai 2 meter, dan apa yang menarik tentang mereka adalah Sea Pen dapat tumbuh pada semua karang dengan berkoloni atau secara tunggal.

Sea Pen | photo taken by : Brian Skerry

Jadi sebenarnya Nagapushpa adalah kata Sanskerta untuk dewadaru pohon (Nagakesara dalam bahasa Telugu). Dewadaru (pohon Nagapushpa) adalah pohon yang dikenal cukup lama pertumbuhannya dan memiliki kayu yang keras, dibudidayakan untuk tujuan dekoratif karena bentuknya anggun, daun muda dan besar, bunga putih yang harum. Pohon Nagapushpa (dewadaru) dapat ditemukan di timur Himalaya dan Western Ghats India, di mana ia tumbuh hingga ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Pohon ini juga ditemukan di wilayah tropis basah seperti Sri Lanka, Thailand, Nepal selatan, Burma, Indocina, Filipina, Malaysia dan Sumatera, di mana ia tumbuh diantara hutan cemara, terutama di lembah sungai.

Another Lost Stories :  Infografik Serial Presiden Republik Indonesia : Susilo Bambang Yudhoyono

Semoga bermanfaat ..

Nagapushpa Mesua Ferrea Tree (Nagakesara) & Nagapushpa Flowers

 

Another Lost Stories :

 


Subscribe for FREE Monthly eDigest

* indicates required

2 thoughts on “Bunga Nagapushpa Mekar 33 Tahun Sekali di Pegunungan Jayawijaya, Papua”

Please Leave Your Comment ..

Banner IDwebhost