Ayo Laporkan Pelaku Pungutan Liar!!

Ayo Laporkan Pelaku Pungutan Liar!!

Pemalak, pemeras, tukang ngompas, bisa datang dari kalangan mana pun. Bisa dari dunia preman berbusana bebas, bisa dari kalangan “berseragam”.

Kalau bicara hukum, tentu ada “pasal”nya untuk para pelanggar hukum. Persoalan bagi korban adalah perlindungan terhadap dirinya setelah melaporkan. Selain itu juga kepastian apakah layanan akan memproses aduan.

Untuk pelaporan, pemerintah sudah menyediakan layanan pengaduan Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar).

Divisi Teknologi Polri juga sudah menyediakan aplikasi Polisiku. Untuk versi Android sudah terunduh seratus ribuan kali.

https://play.google.com/store/apps/details?id=app.android.polisiku

Kalau tidak mau membuat laporan, bagaimana kami mau menindaklanjutinya. Padahal para sopir ini meminta agar para pemalak ditindak …,” ujar AKP Nazirudin Kapolsek Rambang Dangku, Muara Enim, Sumatra Selatan, dua tahun lalu. Saat itu ia sedang menangani pemalakan preman terhadap sopir truk. Banyak korban yang enggan melapor (RMOL, 17/1/2016).

Bulan ini, menjelang perayaan 73 Tahun Merdeka, Kasat Reskrim Metro Jakarta Barat AKBP Hengky Haryadi mengingatkan, “Laporkan saja, jika (preman) melakukan pemerasan, maka nanti akan kita kenakan pasal pemerasan.”

Hengky menjamin, “Pelapornya akan dilindungi. Polisi yang akan bertindak sebagai pelapor.” (Kompas.com, 18/8/2018)

 

 



Please Leave Your Appreciation