10 Paspor Tercantik di Dunia & Indonesia Salah Satunya

Sebagai sebuah identitas warga negara, paspor juga menjadi representatif dari keindahan negara tersebut. Dari paspor, orang lain dapat melihat keberagaman budaya, flora, fauna, sampai pemandangan alam negara tersebut.

Berikut 10 paspor terindah di dunia yang menggambarkan keindangan negaranya berdasarkan abjad,

 

Australia

Jika dilihat sepintas, paspor Australia tampak biasa. Namun jika dilihat dari bawah sinar ultra violet akan ada banyak ornamen yang muncul. Seperti lambang bintang federasi, tulisan Australia, dan gambar kanguru. Paspor Australia juga memuat gambar flora khas benua tersebut seperti kanguru, emus, platipus. Di balik keindahannya paspor Australia merupakan salah satu paspor yang paling sulit dipalsukan.

 

 

 

China

Mirip dengan paspor cantik lainnya, ketika dilihat dari bawah sinar ultra violet maka akan terlihat lukisan tembok china yang membentang di dua halaman.

 

 

Dominika

Halaman dalam paspor adalah tentang alam Karibia: siluet lumba-lumba, kupu-kupu, dan daun palem dengan warna yang cantik.

 

 

Hungaria

Hungaria memuat barisan not balok dari salat satu dari dua lagu kebangsaannya, berjudul ‘Szozat’. Tak hanya itu, bahkan tertulis lirik lagu pada delapan baris awal dengan huruf yang indah. Gambar dan tulisan tersebut dapat dilihat di bawah sinar ultra violet.

Another Lost Stories :  Hak Dan Kewajiban Pasien

 

 

Indonesia

Sampul paspor Indonesia yang berwarna biru dan emas semakin memukau ketika paspor dibuka. Ada berbagai kekayaan budaya, flora, dan fauna yang dimuat pada kertas paspor. Mulai dari komodo, bunga bangkai, wayang kulit, ondel-ondel, angklung, dan masih banyak lainnya. Di paspor 48 halaman itu, setiap halaman memuat gambar yang berbeda.

 

 

Irlandia

Paspor Irlandia memuat gambar dari gedung-gedung terkenal di negara tersebut. Seperti Croagh Patrick, Kylemore Abbey dan Croke Park.

 

 

Kanada

Di paspor Kanada dapat dilihat kekayaan negara ini yang menampilkan bangunan bersejarah, tokoh terkenal, air mancur, dan daun maple. Semuanya dapat dilihat dengan mata telanjang, tetapi ketika paspor dilihat dari bawah sinar ultra violet maka timbulah ornamen lain, seperti kembang api di atas gedung, ornamen daun, dan lainnya.

 

 

Norwegia

Paspor Norwegia digadang sebagai salah satu paspor terindah di dunia karena di dalam paspor ini, orang lain dapat melihat Aurora Borealis! Caranya mudah, hanya perlu melihat paspor Norwegia di bawah pancaran sinar ultra violet. Seketika gambar gunung di dalam paspor akan diterangi garis cahaya yang berbentuk layaknya bulan dan Aurora Borealis.

Another Lost Stories :  Kewenangan Desa Dalam Subyek Pembangunan

Sampul luar Norwegia juga menampilkan model dan warna yang kekinian, dengan pilihan warna abu-abu cerah, merah terang, dan tosca.

 

 

Selandia Baru

Paspor Selandia baru memiliki sampul yang paling berbeda dengan negara lain. Berwarna hitam pekat dengan ornamen lambang negara, tulisan, dan gambar daun berwarna putih.

 

 

Swiss

Negara Swiss disebut sebagai negara pertama yang mendesain paspornya secara profesional. Dari paspor Swiss yang telah didesain baru sejak tahun 2003, menampilkan paspor luar yang merah terang dengan cetakan tembus lambang negaranya dan juga tidak kalah cantiknya di bagian dalam.

 



Please Leave Your Appreciation